Inilah Metode pembelajaran Bahasa Inggris Yang Efektif Dan Mudah Menggunakan Teknik Jigsaw

Posted on


Metode pembelajaran bahasa Inggris yang efektif menggunakan teknik puzzle – pembelajaran kelas bahasa Inggris hanyalah guru yang menggunakan metode pengajaran yang efektif. Mereka sering mengabaikan perlunya situasi belajar yang menyenangkan di kelas sehingga siswa tidak merasa besser dan mengantuk sehingga proses pembelajaran kelas jauh dari kata yang efektif. Ini bisa karena teknik atau metode yang digunakan oleh guru hanya itu. Misalnya, guru mendominasi kegiatan kelas, guru berada di depan ruang kelas dan menjelaskan materi sampai waktu pelajaran habis. Siswa yang sangat langka berpartisipasi dalam proses pembelajaran karena mereka pikir mereka memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. Tentu saja, ini akan mempengaruhi pemahaman mereka tentang materi yang disediakan.

Akibatnya, sebagai guru bahasa Inggris harus menggunakan teknik atau metode yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang efektif. Salah satunya menggunakan pembelajaran kooperatif muncul. Banyak guru bahkan tidak mengabaikan pendekatan ini. Dalam pendekatan pembelajaran kooperatif, siswa harus bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas. Di sini, peran guru telah berubah yang menyediakan informasi atau pusat informasi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Jadi guru hanya berperan dalam menyediakan lingkungan yang kondusif, menyiapkan bahan, kelompok pelatihan, pekerjaan kelompok pengawas dan pada akhir alokasi pembelajaran dan membantu siswa untuk menyimpulkan dan menggabungkan bahan. Ada banyak teknik yang termasuk dalam pendekatan pembelajaran kooperatif, mereka merupakan diskusi kelompok, sebuah stadion, pemetaan pikiran, ruang bermain dan jigsaw.

Nah .. Dalam artikel ini, saya akan memeriksa teknik jigsaw, yang mencakup pendekatan pembelajaran kooperatif. Di bawah ini Anda akan menemukan ilustrasi tentang cara kerja Jigsaw.

Setiap ruang puzzle jigsaw sangat penting untuk membentuk gambar yang sempurna. Demikian pula, setiap siswa memiliki peran penting dalam membentuk suatu kelompok dan mendukung penciptaan pembelajaran yang efektif. Untuk alasan ini, teknik ini sangat berguna bagi siswa untuk berpikir kreatif dan tidak tergantung pada orang lain.

Ada 10 (sepuluh) tahap penting untuk mengimplementasikan teknik jigsaw di kelas ():

  1. Distribusi kelompok yang mengandung 5 atau 6 orang. Sangat ideal untuk kelas yang berisi 30 siswa. Grup awal ini dapat disebut Grup Jigsaw.
  2. Setiap kelompok harus memilih presiden yang dapat dikatakan sebagai yang terbaik tentang kelompok.
  3. Bahan dibagi menjadi 5 hingga 6 bagian (untuk setiap anggota kelompok).
  4. Setiap siswa menerima beberapa peralatan untuk dipelajari.
  5. Siswa harus punya waktu untuk membaca dan memahami permainan setidaknya dua kali.
  6. Seorang siswa dari setiap kelompok jigsaw yang memiliki bagian yang sama dari pembentukan kelompok atau kelompok yang disebut kelompok ahli atau kelompok pakar. Dalam kelompok pakar kelompok mereka, diberi waktu untuk membahas poin-poin penting dan menyiapkan materi yang akan mereka kirimkan ke grup awal mereka.
  7. Siswa kembali ke grup awal atau kelompok jigsaw.
  8. Siswa menyampaikan Departemen Peralatan yang mereka bahas dalam kelompok pakar secara berurutan berdasarkan bahan. Anggota kelompok lain dapat meminta siswa yang memberikan peralatan.
  9. Guru mengawasi proses diskusi dan membahas masalah yang dihadapi dalam kelompok.
  10. Kuesioner harus diberikan pada akhirnya sehingga siswa menyadari kegiatan pembelajaran tidak hanya untuk kesenangan dan permainan, tetapi juga penilaian untuk proses tersebut.

Dengan demikian penting pada salah satu teknik yang dapat membantu proses pembelajaran bahasa Inggris yang efektif.

Saya harap bermanfaat bagi teman guru semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *